Sunday, February 14, 2016

How To Play


Sejarah Singkat

Yu-Gi-Oh! Berawal dari komik dan anime Yu-Gi-Oh! yang dibuat oleh Kazuki Takahashi. Dalam permainan ini para duelist akan saling bertarung dengan kartu untuk memperebutkan gelar duelist sejati. Di saat ini pun permainan ini sangat populer di kalangan anak-anak, remaja, dan orang tua serta banyak diadakan turnamen - turnamen rutin yang diselenggarakan di berbagai negara.

Tujuan dari permainan Yu-Gi Oh!!!

Tujuan permainan ini sama dengan permainan kartu lainnya dimana seorang pemain harus bisa mengalahkan lawannya. Sebuah duel terdiri dari 3 game, duelist yang bisa memenangkan 2 kali game maka dialah pemenangnya. Apabila setiap duelist menang satu kali, kalah satu kali,dan seimbang,atau 3 kali seimbang, maka tidak ada yang menang dan kalah.

Deck

Deck ini adalah kumpulan kartu – kartu yang akan di gunakan oleh setiap duelist untuk berduel dengan duelist lainnya dan terdiri dari Main Deck, Side Deck, dan Extra Deck serta hanya bisa menggunakan 3 kartu yang sama dalam sebuah Deck. Main Deck adalah kumpulan kartu yang digunakan ketika berduel dan dalam satu Main Deck harus terdiri dari minimal 40 kartu dan maksimal 60 kartu. Lalu Side Deck yang terdiri dari 15 kartu berfungsi sebagai kartu cadangan dari Main Deck yang di gunakan untuk memodifikasi Main Deck agar sesuai dengan strategi yang digunakan dan kamu dapat menukar kartu dari Side Deck ke Main Deck dengan catatan jumlah kartu di Main Deck jumlahnya tetap sama setelah pertukaran. Proses pertukaran kartu antara Side Deck dengan Main Deck ini biasa di sebut Siding dan di lakukan setelah 1 game. Extra Deck merupakan 15 kartu Monster dengan pemanggilan khusus seperti Fusion, Synchro, dan XYZ.

Cara Bermain

Sesuai dengan aturan resminya sebuah Duel dimulai dengan :
  1. Kedua duelist saling mengocok kedua kartunya dan kemudian memberikan kembali kepada pemiliknya .
  2. Apabila duelist menggunakan Fusion,Synchro, dan XYZ monster,kartunya harus ditaruh menghadap ke bawah di Extra Deck Zone. Kartu di Extra Deck ini tidak terhitung ke dalam batas minimal 40 kartu pada Main Deck.
  3. Setiap duelist harus memperlihatkan 15 kartu Side Decknya dalam keadaan tertutup. Duelist lawan berhak menghitung apakah jumlah Side Deck tidak lebih dari 15 kartu dan setelah itu dikembalikan lagi pada pemiliknya.
  4. Ketika akan memulai Duel, diadakan pengundian dengan koin, dadu, maupun suit GBK. Duelist yang memenangkan pengundian berhak memilih apakah akan jalan duluan atau lawan yang jalan duluan.
  5. Setelah masing-masing duelist mengambil lima kartu dari atas decknya maka pertarungan dimulai.

Yang Harus Diperhatikan :
  1. Selalu menyatakan gerakan yang akan di lakukan dengan jelas seperti Summon, Battle, Attack, Flip, dll.
  2. Setiap duelist berhak mengetahui kartu yang ada di grave lawan.
  3. Jangan pernah menyentuh kartu lawan sebelum meminta ijin terlebih dahulu.
  4. Jangan pernah memperlihatkan kartu yang ada di Main Deck, Side Deck, Extra Deck, dan kartu di tangan kecuali karena ada effect/kondisi tertentu yang mengharuskan memperlihatkan kartu pada lawan.


Phase Dalam Permainan Yu-Gi Oh!!!

Di bawah ini adalah fase-fase dalam permainan Yu-Gi Oh!! . Kalian harus mengikuti fase-fase berikut ketika bertanding.

A. Draw Phase
Dalam phase ini duelist diharuskan mengambil satu kartu dari atas decknya. Apabila duelist kehabisan kartu, maka dia akan langsung dinyatakan kalah.

B. Standby Phase
Urutannya tepat setelah Draw Phase. Pada fase ini kalian tidak boleh melakukan apapun kecuali persiapan Main Phase I. Phase ini biasanya berguna ketika kalian mengaktifkan kartu dengan efek yang aktif di Standby Phase seperti Solemn Wish yang menyembuhkan 500 Life Point setiap standbye phase kalian ataupun aktifasi Trap/Quick Spell.

C.Main Phase I
Pada phase ini Duelist dapat melakukan satu kali normal summon atau set 1 kartu monster yang memiliki level/bintang 4 ke bawah. Duelist juga dapat mengaktifkan atau set kartu spell dan kartu trap. Yang harus diperhatikan jumlah kartu pada monster card zone atau spell dan trap zone masing-masing tidak boleh lebih dari lima. Dalam phase ini duelist juga  dapat mengubah posisi attack atau defence kartu monster. Pengubahan posisi dari kartu ini hanya bisa dilakukan pada main phase I atau II.Selain itu,monster yang sudah menyerang tidak bisa diubah ke defence position dalam giliran yang sama. Monster yang baru disummon atau di set,posisinya tidak bisa diubah pada giliran yang sama. Setelah main phase duelist dapat melanjutkan ke battle phase atau end phase.

D. Battle Phase
Pada tahap ini duelist dapat melakukan penyerangan baik pada monster lawan maupun menyerang langsung Life Point lawan dengan menggunakan kartu monster yang sudah dalam posisi attack. Ketika akan menyerang, duelist wajib memilih satu monster miliknya untuk menyerang dan satu monster lawan atau menyerang langsung(Bila di duel field lawan tidak ada kartu monster). Bila duelist menyerang kartu monster yang tertutup, fliplah kartu tersebut. Bila terdapat flip effect pada monster tersebut, aktifkan effectnya.

E. Main Phase II
Setelah Battle Phase. Keterangannya sama seperti Main Phase I. Bedanya kalau kalian sudah set atau summon monster maka kalian tidak bisa summon atau set lagi. Monster yang sudah menyerang pada battle phase juga tidak bisa dirubah posisinya menjadi attack atau defend.

F. End Phase
Pada fase ini kalian mengakhiri giliran kalian.

G. Next Player Turn
Kalian memberikan giliran pada lawan.

Penting : Kalian wajib menyatakan ingin memasuki atau mengakhiri fase mana pada lawan kalian. Setelah memasuki atau mengakhiri suatu fase maka kalian tidak bisa mengulanginya kembali. Sebaiknya kalian berpikir dulu sebelum memasuki atau mengakhiri Main Phase dan Battle Phase.

Jenis-jenis kartu

Kartu ini gampang untuk mencari perbedaannya, dilihat dari wana ketiganya pun dapat diketahui.
1. Monster
2. Spell Card
3. Trap Card

No comments:
Write comments

Search