Wednesday, March 23, 2016

Istilah-Istilah Dalam Yu-Gi-Oh! Part 2



ADVANTAGE(KEUNTUNGAN)

Advantage atau keuntungan disini lebih mengacu kepada keunggulan jumlah kartu atau monster yang di kontrol.
Contohnya di gilirannya BYSR memiliki 2 kartu di tangan dan 1 monster Chaos Sorcerer di field kemudian lawannya Hari memiliki 4 kartu di tangan dan 1 monster Raiden, Hand of the Lightsworn di field. Ini berarti lawannya yaitu Hari memiliki Advantage kartu di tangan +2 dan +0 di field namun kemudian BYSR menggunakan efek dari Chaos Sorcerer untuk membanish Raiden milik Hari sehingga advantage berubah BYSR kartu di tangan -2 dan +1 di field sedangkan Hari kartu di tangan +2 dan -1 di field. Ini berarti BYSR memiliki keunggulan monster di field dan Hari memiliki keunggulan kartu di tangan. Pada giliran berikutnya Hari draw 1 kartu dan kemudian special summon Chaos Sorcerer dan membanish Chaos Sorcerer milik BYSR dan ini berarti Hari memiliki advantage kartu tangan +2 dan +1 di field.


EXCAVATE(MENGGALI)

Excavate ini mulai di perkenalkan dalam efek kartu pada set BP2 dan LVAL. yang paling dikenal tentunya Archetype Sylvan yang memiliki efek Excavate yang artinya mengambil kartu dari deck namun kartu tersebut masih dianggap sebagai bagian dari deck kemudian di perlihatkan kepada lawan lalu ikuti instruksi efek kartunya untuk penempatan kembali kartu yang di Excavate tersebut. Contoh mudahnya tinggal lihat efek Orea, the Sylvan High Arbiter.


STALL

Ada 2 jenis Stall yaitu Stall card/deck dan player stalling for time. Stall card merupakan kartu yang dapat mencegah lawan untuk menyerang kita pada saat gilirannya dan contohnya yaitu Waboku, Threatening Roar, dan Swords of Revealing Light. Stall deck adalah jenis kartu yang cenderung full bertahan dari serangan musuh dan menang dengan menggunakan efek tertentu seperti deck Final Countdown ataupun Exodia The Forbidden One. Player stalling for time adalah sebuah situasi dimana seorang player mencoba mengulur-ulur waktu dalam berduel dengan memperlama proses gilirannya atau dengan cara lainnya selain menggunakan efek kartu miliknya dan ini merupakan tindakan pelanggaran yang bisa berujung pada Match Forfeiture(Match Lose).


MILL & DUMP

Mill
dan Dump ini memiliki pengertian yang berbeda. Mill adalah mengirim atau membuang kartu dari top deck ke kuburan seperti efek Lightsworn. Sedangkan Dump adalah mengirim atau membuang kartu tertentu dari deck maupun dari tangan seperti efek Armageddon Knight, Foolish Burial, atau Laval Magma Cannoneer.




2 comments:
Write comments
  1. awas pake nama BYSR.. nnti tiba2 dimarahin :v

    ReplyDelete

Search