Sunday, March 13, 2016

Yu-Gi-Oh! Kebangkitan Monarch, Kebangkitan Tribute Summon yang Sangat Special


Awal tahun 2016, Konami memperkenalkan Structure Deck Emperror of Darkness yang sangat menarik untuk dibahas di artikel ini. Kenapa menarik? Setelah lama vakum dan berfokus pada promosi permainan special summon kini Konami malah mempromosikan kembali archetype Monarch yang telah lama vakum sekaligus dimana menjadi pusat dari promo kehebatan tribute summon!

Sebuah kejutan menurut saya, karena special summon terutama kartu extra deck sudah lama efektif memberikan kemenangan bagi player dan juga Konami selaku penjual mendapatkan keuntungan besar :D

Apa yang menarik dari monarch dengan tribute summonnya yang digadang - gadangkan oleh Konami ini? Sehingga artikel ini wajib untuk dikupas lebih dalam?



Tribute Summon Monarch dan Domain of True Monarch, Pusat Kombo Mengerikan!

No Extras Allowed
Setelah sekian lama Konami berfokus pada penjualan yang mempromosikan playstyle special summon kini Konami bernostalgia dengan mempromosikan tribute summon.

Apa enaknya sih tribute summon? Toh ruling cuma once per turn? Additional tapi eksklusif? Memang semua pertanyaan diatas menjawab semua kenyataan tribute summon. Once per turn, tambahan eksklusif dan memang semua terjadi kembali pada Monarch.

Tapi inilah yang akan membalikan kenyataan yang ada, pusat kombo mengerikan! Masih dengan konsep efek trigger ketika berhasil tribute summon, Monarch menambahkan kombo dari kartu yang dipromosikan bersamaan dengan SD, field spell "Domain of The True Monarch".

Field Spell ini memiliki berbagai macam efek. Diantaranya memiliki efek dapat mengurangi sebanyak dua level--secara permanen pada turn ini--monster apapun yang memiliki ATK 2800/DEF 1000. Pada kartu - kartu monster Mega Monarch, semua Mega Monarch memiliki level 8 dan ATK 2800/DEF 1000. Sehingga dapat mengurangi cost tribute dari dua menjadi satu. Memiliki efek menambahkan ATK sebanyak 800 pada saat damage calculation untuk semua monster tribute. Terakhir memiliki efek jika kita memiliki monster yang disummon secara tribute dan kita tidak memiliki extra deck maka lawan tidak dapat special summon dari ekstra deck!

Jadi, hanya dengan memiliki monster tribute di field maka lawan yang berpusat pada kombo ekstra tidak dapat melancarkan kombonya sama sekali!


Teka - Teki Cerita Monarch Semakin Terungkap
Dahulu kala .... Sebelumnya hadir elemental Monarch yang mewakili tiap attribute memiliki efek trigger variatif ketika ditribute dan dua elemental Monarch yang sangat berbeda dari segi penamaan dan trigger efeknya karena dapat ke trigger dengan kondisi di spesial summon. Jika mereka semua Monarch apakah beraliansi? Bermusuhan? Atau ada Monarch tertinggi? Kemudian pada booster terbaru dirilis continuous spell card bernama March of The Monarch menampilkan artwork elemental Monarch yang memiliki efek trigger ketika tribute berjalan dalam tiap langkahnya membawa kehancuran. Jadi mereka para elemental berefek trigger ketika ditribute ini beraliansi dan memiliki sifat jahat.

Dengan hadirnya Erebus dan Ehther serta artwork - artwork yang terdapat pada spell/trap Monarch, maka spekulasi jalan cerita Monarch semakin terungkap. Erebus mewakili sisi gelap Monarch sedangkan Ehther mewakili sisi terang Monarch. Erebus yang berukuran mega sesuai namanya memimpin Monarch - Monarch jahat (Domain of the True Monarch) dalam kehancuran dunia (Pantheism of Monarch).

Ehther tidak dijelaskan menjadi pemimpin apa. Hanya saja pada artwork Pantheism of Monarch menampilkan dualitas Monarch dimana Erebus adalah sisi kehancuran dan Ehther adalah sisi penciptaan. Kemungkinan dua Mega Monarch ini saling bermusuhan. Namun terkait dengan elemental Monarch yang efeknya tertrigger jika dispecial maupun normal, Delg dan Kuraz. Kemungkian Delg dan Kuraz merupakan bawahan Ehther karena Ehther memiliki efek dapat special summon Monarch lainnya dari deck. Dan hanya Delg dan Kuraz yang memiliki efek trigger ketika dispecial summon sedangkan lainnya hanya tertrigger ketika tribute saja. Dan tidak mungkin pula Ehther seorang diri melawan pasukan Erebus.

Namun tidak tampilnya Mega Monarch lainnya dalam artwork kartu - kartu Booster selain Erebus dan Ehther dan bawahan - bawahan Erebus membuat teka teki jalan cerita Monarch semakin asik untuk ditelusuri.

Dan saat ini hanya ada dua bawahan Ehther yang baru dirilis. Tidak mungkin hanya bertiga untuk melawan sisi gelap Monarch. Maka nantinya diperlukan rilis kartu high rarity superduit dari booster - booster untuk melengkapi perlawanan Ehther menghadapi Erebus haha :D

Monarch = FTK
FTK!! ~memegenerator.net
FTK atau first turn kill istilah untuk turn dimana player berpolah sehingga tidak ada lagi next turn bagi player lawan. Hal ini terdapat pada kartu - kartu Monarch, dan pusatnya ada pada kartu yang baru dipromosikan, Domain of True Monarch yang sudah jelas dapat melarang lawan special summon dari extra deck tanpa terkecuali.

Kenapa Domain of True Monarch FTK? Tahun 2016 faktanya merupakan tahun promosi monster pendulum dimana monster pendulum yang destroy/tribute akan kembali ke extra deck. Dengan player mengakses kombo Monarch dan field spellnya berada di field spell zone maka lawan otomatis tidak dapat memainkan gameplaynya sama sekali jika mengandalkan monster pendulum dan kombo extra deck lain seperti xyz, fusion, synchro.

Domain of True Monarch dalam kombo Monarch dapat diakses dengan mudah karena dapat di-add, dan recycle dari grave maupun banish zone kapanpun. Jadi akan sulit untuk melawan field spell yang diakses dengan super mudah ketimbang anti-support generik MST dan Twin Twister yang hanya dapat diperolah dari draw dan tidak bisa recycle :3 Jika mengandalkan monster yang memiliki efek sama dengan MST dan Twin Twister cuma beberapa archetype saja. Bagi deck yang tidak punya kemampuan seperti itu hanya mengandalkan draw anti-support generik atau ekstra generik. Ekstra deck mati sudah terkunci, jadi kalau ga ke draw scoop aja :3

Kemungkinan Forbidden & Limited Lists
Saya masih memegang perkataan sesepuh, "SD ga ada yang masuk banlist" Walau memang trennya masih terjaga seperti itu. Tapi ada kemungkinan masuk banlist. Saya pun masih memegang kebiasaan Konami, FTK pasti masuk banlist. Hal ini terjadi pada FTK djinn lock di Nekroz tahun lalu. Masih ingat? Saya sih tidak, soalnya 2015 saya masih nonton Om Bey main Quasar lawan Hari yang main Spellbook Judgement (padahal ban :'v)

Tahun ini faktanya tahun promosi pendulum dimana monster yang destroy/tribute akan kembali ke extra deck. Dengan fakta seperti ini kemungkinan Konami tidak membiarkan FTK merusak promosi pendulum.

Demikian pembahasan saya mengenai Monarch. Sampai jumpa di artikel berikutnya!~By

Rescue Brick ~facebook.com

No comments:
Write comments

Search